Memanfaatkan Reset Course untuk Persiapan KBM di Semester Baru

Pernahkah Bapak/Ibu merasa kesulitan untuk menghilangkan data mahasiswa yang terdaftar  di dalam course di semester sebelumnya? Pada tutorial berikut ini akan dijelaskan tahapan dalam mempersiapkan mata kuliah untuk semester baru dengan memanfaatkan fitur reset course.

Gambar 1

Reset Course

Mengapa harus menghapus data mahasiswa di semester sebelumnya dari laman course?

Semakin banyak data yang tersimpan di laman course akan berpengaruh pada konektivitas mahasiswa ke laman course tersebut. Setiap akun mahasiswa yang terdaftar (enrolled user) pada sebuah course akan menyimpan log, file tugas, nilai dan lain sebagainya. Jika course tidak dikelola dengan baik, mahasiswa akan memiliki sedikit hambatan dalam mengakses course, salah satunya disebabkan karena data mahasiswa di semester sebelumnya masih tersimpan di laman course. Namun sebelum menghilangkan data mahasiswa dengan fitur reset course, simpanlah data pembelajaran di semester sebelumnya dengan fitur backup. Dengan membackup data course, dosen dapat menampilkan kembali log kegiatan pembelajaran pada semester tersebut jika sewaktu – waktu dibutuhkan, seperti sertifikasi  dsb.

 

Step by step Reset Course di Kuliah ITB

  • Login ke laman mata kuliha (course) yang anda kelola
  • Backup data course untuk menyimpan data kegiatan belajar mengajar di semester sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk menampilkan kembali data course jika sewaktu-waktu diperlukan sebagai bahan portofolio. Untuk melakukan backup course, silahkan cek tautan berikut ini
  • Arahkan pointer pada Blocks Admnistration. Lalu Klik Course Administration > kemudian klik Reset

Pages: 1 2 3

Berita Terkait