Q&A Seputar Pengembangan Mata Kuliah Daring

Apa itu mata kuliah daring?

Mengapa pengembangan mata kuliah daring dianggap penting?

Inovasi merupakan suatu kebutuhan agar dapat terus bergerak di zaman yang dinamis seperti sekarang ini, tidak terkecuali inovasi di bidang pendidikan. Pemanfaatan teknologi dalam inovasi pembelajaran pun menjadi peluang untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Perguruan Tinggi. Karena itulah muncul istilah e-Learning sebagai sebuah inovasi pembelajaran yang memanfaatkan teknologi agar program pembelajaran yang ditawarkan sesuai dengan gaya hidup mahasiswa saat ini yang dinamis.

Temukan fakta-fakta mengenai tren pendidikan tinggi di dunia yang mendasari pentingnya pengembangan mata kuliah daring pada infografis berikut.

Bagaimana tahapan pengembangan mata kuliah daring?

Pengembangan mata kuliah daring tidak cukup hanya mengunggah materi ajar ke sebuah web yang kemudian diunduh oleh mahasiswa. Lebih dari itu, terdapat serangkaian proses berkelanjutan yang harus dilalui oleh Anda agar tidak menghilangkan makna pembelajaran yang diperoleh dalam kelas tradisional (tatap muka). Maka dari itu muncul lah siklus pengembangan e-Learning yang terdiri dari perancangan instruksional, produksi konten e-Learning, dan penyampaian konten.

Siapa saja yang terlibat dalam pengembangan mata kuliah daring di ITB?

Terdapat banyak keterampilan dan kemampuan yang perlu dikuasai ketika mengembangkan mata kuliah daring. Karenanya, akan lebih baik apabila membuat tim yang memiliki beragam keterampilan dan kemampuan. Berikut pihak-pihak yang akan terlibat beserta peranannya:

Tim Dosen

Dalam pengembangan mata kuliah daring, Dosen memiliki peranan yang paling utama yaitu sebagai project manager, subject matter expert (SME), dan instructional designer. Pada pelaksanaan pembelajaran, tim dosen pun berperan mengelola kelas visual dan mengevaluasi program pembelajaran.

Teknisi Multimedia di Fakultas

Memproduksi konten e-Learning agar materi ajar dikemas secara menarik dan mudah dipahami dalam bentuk media pembelajaran. Biasanya berupa tim yang terdiri dari desainer grafis, pengisi suara, videographer, fotografer, animator, dan orang yang menguasai authoring tools dalam produksi multimedia interaktif.

Teknisi LMS di Fakultas

Bertanggung jawab dalam membuat kelas virtual dengan memanfaatkan Learning Management System (LMS) dan menjadi helpdesk di fakultas.

Tim Layanan Daring UPT e-Learning ITB

Berperan dalam memberikan edukasi dan konsultasi kepada dosen untuk menjalankan pernanya sebagai instructional designer.

Tim Produksi Media Pembelajaran UPT e-Learning ITB

Berperan dalam memberikan edukasi dan konsultasi kepada para teknisi multimedia agar dapat memproduksi konten e-Learning yang berkualitas dan bertanggung jawab terhadap aset konten pembelajaran digital yang digunakan untuk elearning.

Tim Pengembangan Platform UPT e-Learning ITB

Berperan dalam memberikan edukasi dan konsultasi kepada dosen dan para teknisi LMS agar dapat mengoperasikan Learning Management System dan mengelola platform elearning.

Kapan saya harus mulai mengembangkan mata kuliah daring?

Perkembangan teknologi hingga saat ini telah mendorong banyaknya bidang kehidupan yang melakukan digitalisasi. Aktivitas manusia terasa menjadi lebih mudah serta meningkatkan efektivitas dan efisiensinya. Hal ini menimbulkan istilah Generasi Z yang salah satu karakternya adalah fasih teknologi. Melalui gawainya, setiap hari mereka mengakses internet dengan durasi rata-rata 3-5 jam. Kemudahan akses pada media menjadi faktor utama yang mempengaruhi kebiasaan mereka dalam cara memperoleh informasi.

Dengan memanfaatkan e-Learning, Dosen dapat memberikan kemudahan kepada mahasiswa dalam mengakses materi ajar yang relevan dengan tujuan pembelajaran pada mata kuliah. Bahkan lebih dari itu, mereka dapat memperoleh pengalaman belajar yang hampir serupa dengan kelas tradisional (tatap muka) dimana saja dan kapan saja.

E-Learning pun membantu Dosen dalam mengawasi aktivitas belajar mahasiswa untuk memberikan umpan balik maupun penilaian, melakukan evaluasi hasil pembelajaran dan evaluasi program pembelajaran, serta menyamaratakan kualitas pembelajaran, terutama pada kelas besar.

Beragam peluang tersebut menjadikan kinilah saat yang tepat untuk gencar melakukan digitalisasi terhadap bidang pendidikan, yaitu dengan mengembangkan mata kuliah daring.

Dimana saya bisa mendapatkan bantuan untuk mengembangkan mata kuliah daring?

Anda dapat menghubungi tim UPT e-Learning ITB baik dengan datang secara langsung ke sekretariat maupun melalui email.

Berita Terkait