E-Learning ITB

e-Learning ITB

* diwajibkan untuk 3 kali pertemuan


 

Menghadapi tantangan dan peluang terkait pendidikan di perguruan tinggi negeri mendorong ITB untuk mengintegrasikan teknologi dengan program pembelajaran, yang dikenal dengan sebutan e-Learning atau pembelajaran daring. Upaya ini dilakukan untuk menyesuaikan program pembelajaran dengan karakteristik mahasiswa generasi Z dimana mereka memiliki fleksibilitas dalam mengakses informasi dan berkomunikasi. Penerapan e-Learning di ITB juga didukung oleh fenomena mahasiswa yang membawa peralatan elektronik pribadi ke lingkungan kampus (Bring Your Own Device – BYOD) seperti laptop, smartphone, atau perangkat portabel lainnya ke ruang kelas.
Mendukung upaya tersebut, Rektor ITB mengeluarkan Surat Edaran No. 308/I1.B01/PP/2018 tentang kewajiban penerapan mata kuliah daring pada Agustus 2018 lalu. Dengan kebijakan ini setiap dosen wajib menjalankan salah satu mata kuliahnya secara daring untuk materi tiga minggu yang diterapkan dengan model Blended Learning melalui portal kuliah.itb.ac.id. Model ini memungkinkan proses pengajaran dan pembelajaran dimana beberapa bagiannya dilakukan secara daring.
Selain Blended Learning, e-Learning ITB juga menerapkan model fully online yang dapat diakses oleh para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia melalui Sistem Pembelajaran Daring Indonesia (SPADA)  yang dapat diakses melalui tautan spada.kuliah.itb.ac.id.

Hal ini merupakan program kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi se-Indonesia dibawah arahan Kemenristek Dikti. Masyarakat umum pun dapat mengikuti pembelajaran daring ITB melalui LEON, yaitu mobile learning yang dapat diakses melalui perangkat smartphone android.

To build broad commitment to the standards, there should be proven models that show how the common core can facilitate greater alignment between postsecondary education and college essay writing service https://pro-essay-writer.com k-12 education.