UPT E-Learning

UPT e-Learning merupakan sebuah Unit Penyedia Layanan e-Learning yang bertugas di bawah kepemimpinan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. UPT e-Learning bertanggung jawab atas kebijakan program pengembangan e-learning di Institut Teknologi Bandung, baik dalam mempersiapkan layanan bagi civitas ITB maupun luar ITB. UPT e-Learning didirikan atas dasar kepercayaan bahwa pendidikan di masa kini dan yang akan datang haruslah dilakukan dengan cara yang lebih baik dan menyenangkan. ITB sebagai salah satu barometer pendidikan di Indonesia, memiliki tugas untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan pendidikan di Indonesia. Untuk menghasilkan generasi yang cerdas dan kompeten sendiri, dapat dilakukan melalui beberapa cara seperti menjalin koneksi dengan Subject Matter Expert, berkolaborasi, serta saling berkontribusi, dan semuanya bisa ditemui dalam metode e-Learning.
UPT e-Learning terdiri atas tiga divisi dengan peranannya masing-masing dalam upaya membangun e-Learning di ITB, yaitu:

  • Seksi Layanan Pembelajaran Daring
    Membantu para dosen dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kompetensinya dalam mengembangan mata kuliah daring melalui pelatihan, terutama mengenai bagaimana merancang proses pembelajaran yang tepat diterapkan dalam pembelajaran daring. Divisi ini juga melayani konsultasi mengenai rancangan instruksional bagi dosen yang ingin mentransformasikan kuliahnya menjadi kuliah daring.
  • Seksi Layanan Pengembangan Materi
    Melayani pengembangan konten berupa video untuk kebutuhan pembelajaran daring, mulai dari perekaman hingga publishing. Juga memberikan pelatihan atau pengarahan mengenai produksi konten pembelajaran kepada dosen dan unit kerja akademik tiap fakultas. Tidak hanya itu, divisi ini juga menyediakan sarana dan prasarana untuk pelaksanaan video conference dan live streaming, membantu pembuatan video profil, mendokumentasikan kegiatan-kegiatan besar di ITB, serta menyediakan peminjaman peralatan dan ruangan studio.
  • Seksi Pengembangan Platform
    Mengelola platform kuliah daring serta perangkat logistik yang mendukung pengembangan pembelajaran daring di pusat (UPT e-Learning) dan di masing-masing fakultas/sekolah. Juga memberikan pelatihan atau pengarahan mengenai penyampaian konten pembelajaran melalui LMS kepada dosen dan unit kerja akademik tiap fakultas.

Januar, in der öffentlichen ringvorlesung der ghostwriter heilige orte.